Minggu, 03 April 2016

Komposisi Kopi Vietnam yang Bikin Tambah Nikmat

Pahit merupakan rasa dominan yang dirasakan saat meminum kopi Vietnam. Maklum saja, cara meraciknya dengan memanggang biji kopi hingga hangus membuatnya demikian. Untuk mengimbangi rasa pahitnya, ternyata kopi Vietnam lebih enak diminum bersama "teman"-nya. Apakah itu?


Coffee enthusiast, Toni Wahid mengungkapkan, karena rasanya yang pahit, kopi Vietnam biasanya disajikan dengan susu kental manis. Rasa manis dari susu kental manis akan mengurangi pahitnya kopi di lidah peminumnya. Biasanya susu kental manis memang sudah dituangkan dalam cawan yang menampung tetes-tetesan kopi dari cawan menyaring. Kemudian, peminumnya hanya tinggal mengaduknya supaya kopi dan susu tercampur.

Vietnam sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi Vietnam lebih banyak berjenis robusta dan ditanam di dataran lebih rendah.

Alatnya yang praktis membuat kopi ini menjadi alternatif kopi populer di Indonesia. Toni mengungkapkan, kopi Vietnam terasa tidak terlalu asam. Ini ternyata juga dipengaruhi dari proses pemanggangan biji kopi hingga menghitam seperti arang.

Artikel Terkait

Komposisi Kopi Vietnam yang Bikin Tambah Nikmat
4/ 5
Oleh